MUHAMMAD AKBAR , MD

Rabu, 22 September 2010

INGIN JADI SPESIALIS

salam sukses buat teman-teman sejawat sekalian.

disini saya mau berbagi pengalaman mengenai perjalanan saya untuk mendapatkan pendidikan spesilisasi.

keinginan saya setelah selesai kuliah dan coas ingin menjadi seorang ahli bedah yang mantap, karena dimata saya hanyalah ahli bedah yang banyak disegani orang, walaupun materi yang didapatnya tidaklah sebanyak dokter obgin atau dokter spesilis lainnya.

dari selesai wisuda saya berusaha untuk selalu serius menangani seluruh pasien bedah yang saya temukan dipraktek saya, singkat kata dalam setiap kasus bedah yang saya temui, boleh dibilang saya percaya diri untuk melakukan semua tindakan bedah yang merupakan kompetensi dokter umum.
ketika persiapan saya lumayan matang menurut saya untuk melanjutkan pendidikan spesialisasi, saya mencoba untuk mendaftarkan diri dan mengisi CHS, ketika membeli chs di TKP PPDS FK USU, saya berjumpa teman-teman alumni dari fakultas kedokteran usu dan fk lainnya, dari saran mereka sebaiknya saya mengambil sub bagian terus,saat itu fk usu baru saja membuka Departement orthopedic, betul juga menurut saya, alhasil saya melamar didepartemnt ortopedi. seterusnya saya cari info mengenai ortopedi fk usu, mulai dari soal2 yang akan mereka keluarkan sampai deking2 yang harus saya cantumkan namanya di chs saya.

alhamdulillah dapatlah dekingnya dan soalnya, tiba saatnya ujian saya terkejut ternyata ujiannya semuanya dalam bahasa inggris, karena inggris saya tidak fasih saya kelabakan melewati hasil tes tulisan dan wawancara, dan alhamdulillah selesai masa ujian dan tibalah saatnya pengumuman hasil ujiannya, alhamdulillah saya gagal dan dapat mengulang....

merasa punya kesempatan untuk ujian kembali, saya persiapkan diri saya dengan matang, mulai dari persiapan buku2 yang harus saya baca, peningkatan nilai toefel, mencari deking untuk diterima, sampe menggunakan orang pintar untuk meluluhkan hati penguji saya, tiba saatnya ujian tetap aja saya berumberuntung pada kesempatan yang kedua, alias gagal maningggggg..
setelah itu saya beralih jurusan untuk mengambil bagian BEDAH umum, dibedah umum saya sangat siap untuk melaksanakan ujian dan dengan dekingan yang cukup mempuni, tapi pada hasil akhirnya saya dinyatakan gagal dan langsung tidak boleh mengulang..
tak taulah dimana salahnya..
berikut saya coba kasi saran ama teman sejawat semua
  1. siapkanlah diri anda jika hendak mengambil jurusan apa pun itu
  2. jangan lupa sungkeman atau permisi kepada semua kepala bagian atau staf dibagian yang ingi anda ambil
  3. siapkan bahasa inggris anda sesiap mungkin
  4. cari rekomendasi yang kuat karena hal ini punya nilai tambah tersendiri, dan hendaknya mereka yang mau memberi rekomendasi kepada anda betul2 mau memperjuangkan anda, jangan hanya cuma mau dibuat namanya di atas chs
  5. dekati senior2 yang ada didepartement tersebut, untuk dapat mencari trik dan cara supaya lulus, baik sistem ujian dan penilaian yg dilakukan instansi
  6. jangan sesekali anda menyatakan anda punya harta yang berlimpak jika anda ditanya masalah materi oleh penguji anda karena berdasarkan pengalaman saya, saat saya menyampaikan jumlah uang yang saya persiapkan untuk sekolah yang lumayan besar, mereka terkejut dan menyatakan saya orangnya sombong,,, mungkin mereka iri karena mereka tidak memiliki uang sebanya yang saya punya.. (mungkin) karena hal ini menjadi alasan pokok ketika saya dinyatakan kalah dibagian orthopedi dan bedah umum fk USU
  7. selalu dekati tamatan yang ikut seleksi pada Fk yang anda pilih karena mereka punya nilai tambah sendiri untuk lulus ujian, mungkin mereka punya bocoran soal. karena penngalaman saya demikian, sebelum ujian mereka sudah memegang soalnya, jadi persiapan mereka lebih mantap
  8. terakhir jangan lupa doa dan tingkatkan ibadah anda saat anda masuk dalam bulan2 ujian, hindari semua perbuatan dosa dan tecela, agar suasana anda tenang saat akan ujian
  9. sukses selalu buat kita semua dan harapan agar semua spesialis yang ada dinegri ini lebih rasional dalam menilai orang..

Tidak ada komentar: